[Jalan-jalan] Salam Damai dari Kami, Peacesantren Welas Asih

[Jalan-jalan] Salam Damai dari Kami, Peacesantren Welas Asih

Jika ada orang yang bertanya, dari mana baiknya mengajarkan perdamaian? Maka sekolah adalah jawabannya.

Peacesantren Welas Asih, ya, Peacesantren dibaca pissantren. Sekolah kami baru berdiri satu tahun, tahun 2019. Berada di Desa Sukarasa, Samarang, Garut. Tempat dimana kami bisa menikmati suasana belajar di alam yang indah di antara kebun, sawah, dan gunung.

jalan-jalan-salam-damai-1
Peacesantren Welas Asih

Dari nama Peacesantren Welas Asih, bisa ditebak bahwa sekolah kami fokus pada menyebarkan perdamaian dengan kasih sayang (welas asih). Hal ini juga tertuang dalam visi kami yaitu terciptanya pribadi-pribadi Muslim yang welas asih dan menjadi solusi bagi permasalahan masyarakat. Visi kami adalah belajar menjadi peacemaker dan changemaker agar bisa meneladani Rasulullah saw. menjadi welas asih bagi semesta (rahmatan lil’alamin).

Seperti layaknya pesantren, para santri juga belajar tentang pengetahuan baik akademis maupun ilmu agama, mengasah bakat, dan membangun karakter dari mulai bangun tidur hingga terlelap malamnya. Hanya saja, bagi kami sekolah bukanlah tempat yang kaku, maka di ruang kelas tidak ada kursi dan meja formal. Bahkan pintu pun tidak ada! Karena kreatifitas tidak hadir dalam sesuatu yang tertutup.

jalan-jalan-salam-damai-2
Suasana belajar di kelas

Pada proses pembelajaran, Para santri belajar dengan model project based learning, dimana mereka terjun langsung ke lapangan untuk memecahkan masalah di kehidupan nyata. Santri melakukan serangkaian misi dari metode Design for Change, atau lebih dikenal di kalangan santri dengan singkatan FIDS (feel, Imagine, Do, and Share) yaitu santri belajar mengenali masalah (feel), menggagas solusi (imagine), mengeksekusi solusi (do), dan membagikan solusi (share) kepada masyarakat. Salah satu FIDS yang pernah dilakukan santri adalah tema ”Islam Ramah Lingkungan”, dimulai dengan santri berkunjung ke tempat pembuangan sampah Pasir Bajing Garut dan bank sampah Hade Jaya, kemudian menggagas berbagai solusi dari proses daur ulang sampah dan mengeksekusinya.

jalan-jalan-salam-damai-3
Kunjungan ke Bank Sampah Hade Jaya

Tidak lupa, mereka berbagi pengalaman (share) di sharing day, hari dimana semua santri membagikan pengalaman dan solusi yang dibuatnya kepada teman-teman, orangtua, dan penduduk sekitar. Acara ini digarap bersama para santri, sehingga para santri juga belajar untuk berorganisasi dalam tim dan tampil di depan teman dan keluarganya. Biasanya acara sharing day akan diselenggarakan satu bulan sekali setelah proses FID selesai.

jalan-jalan-salam-damai-4
Acara Sharing Day Peacesantren Welas Asih

Belajar tidak hanya di kelas, alam raya ini adalah sekolah kami. Karena itu, semua aktivitas menjadi proses pembelajaran. Ada tiga pilar budaya peacesantren yang membantu santri membentuk karakter empati, mandiri, dan berani yaitu dengan disiplin positif, hubungan reflektif dan belajar efektif.

Disiplin positif adalah upaya kami untuk menumbuhkan kedisiplinan dengan membangun kesadaran, pembinaan dan keteladanan, bukan karena hukuman. Santri merumuskan tujuan hidup dengan talent mapping dan life planning, menumbuhkan kedisiplinan tanpa ancaman, dan mendampingi anak dengan sistem coaching dan mentoring. Bagi kami, menumbuhkan kesadaran lebih penting daripada memberi hukuman. Di sini santri belajar berpikir sistem terkait hubungan sebab akibat dari apa yang mereka lakukan, jika merusak, mereka harus memperbaiki, jika mengabaikan maka mereka akan kehilangan hak, dan jika mengganggu maka akan ada time out dimana siswa akan dipisahkan dari kelompok dan menjalani misi dengan pendampingan konselor.

Budaya selanjutnya adalah hubungan reflektif dimana santri belajar membangun hubungan yang sehat, jujur, dan terbuka. Coach (guru yang mendampingi siswa, biasanya 1 guru memegang 1 siswa) dan santri akan dilatih keterampilan komunikasi, empatik, dan mendengar aktif. Adapun dalam budaya hubungan reflektif santri belajar untuk menerapkan pendidikan perdamaian dan anti bullying, memberikan perhatian pada kesejahteraan mental (wellbeingness) dengan Social & Emotional Learning (SEL), dan kerjasama guru dan orangtua dengan collaborative parenting. Salah satu penerapannya adalah adanya kotak iMessage dimana siswa belajar untuk mengemukakan pendapat dan masalahnya kepada orang lain tanpa emosi yang berlebihan dan dengan komunikasi yang efektif.

Yang terakhir, adalah mengembangkan metode belajar yang menyenangkan dengan Game Based Learning, menggabungkan kurikulum nasional dengan keterampilan abad 21, dan mem-fokuskan materi belajar pada praktik dan pemecahan masalah nyata kehidupan, seperti contoh FIDS.

Memang di umur kami yang baru satu tahun ini, kami masih seperti bayi yang baru merangkak. Masih banyak hal yang harus kami pelajari dan tantangan yang menunggu untuk diselesaikan, tapi kami yakin, dengan terus berusaha untuk memberi pembelajaran dan pengasuhan yang menyenangkan dan bermakna kepada para santri, bisa menjadi perubahan di masa depan, baik untuk para santri, Indonesia, maupun umat manusia. Yang menjadi doa kami, semoga perubahan itu ke arah yang positif.

(Sumber: refleksi pengalaman penulis)

 

Liesna N. Widyaningrum

Liesna N. Widyaningrum

Guru dan IT support di Peacesantren Welas Asih, Garut. Selain guru, Liesna dikenal sebagai Game Master yang suka bermain permainan papan dan kartu. Dia juga merupakan system thinker di Kitaja! Studio, studio yang bergerak dalam teknologi dan media pendidikan, Anda bisa menghubunginya di email nw.liesna@gmail.com.

Related Posts

[Jalan-Jalan] Jalan-Jalan Bersama Air

[Jalan-Jalan] Jalan-Jalan Bersama Air

[Jalan-Jalan] Tradisi dan Filosofi Masayarakat Belu Tentang Kemandirian dan Self Awareness

[Jalan-Jalan] Mengintip Kehidupan di Kebun Belakang

[Jalan-Jalan] Piknik Semalam Ke Baduy Dalam

No Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

edisi

Terbaru

Rubrik

Recent Comments

STATISTIK

Online User: 0
Today’s Visitors: 0
Total Visitors: 787

Visitors are unique visitors