[Profil] Warung Sehat 1000 Kebun

Oleh : Vania Febriyantie dan Raden Galih Raditya

What ?

Warung Sehat 1000Kebun (W1000K) merupakan warung yang menyediakan produk lokal dan sehat. Terbentuk dari pengejawantahan dan misi komunitas 1000Kebun. Komunitas 1000Kebun sendiri berdiri pada tanggal 2 Juni 2015. Komunitas ini memiliki beberapa misi di antaranya: Mensosialisasikan gaya hidup sehat dan memudahkan akses masyarakat ke produk-produk sehat dan ramah lingkungan. Dapat dikatakan bahwa W1000K adalah sebuah aksi nyata dari komunitas 1000Kebun untuk turut serta menyebarkan prinsip gaya hidup sehat, dan mendukung pertanian serta pembangunan berkelanjutan.

Prinsip gaya hidup sehat yang seperti apa? Yaitu sebuah prinsip gaya hidup yang menjunjung tinggi kesehatan jasmani dan rohani, ramah lingkungan, berpandangan ekosentris (suatu pandangan yang selalu mempertimbangkan dampak lingkungan dari setiap perbuatannya baik lingkungan secara fisik, lingkungan, sosial dan ekonomi di sekitar kita).

Untuk menjalankan gaya hidup sehat dimulai dari pola makan sehat, yaitu suatu pola makan yang mengonsumsi makanan yang ditanam secara sehat, diproses dengan tidak  menimbulkan residu yang berbahaya bagi lingkungan dan diri kita. Makanan yang lebih sehat adalah makanan organik dan lokal, karena makanan organik adalah makanan yang diproduksi dan diolah berdasarkan empat prinsip organik yaitu:
1. Prinsip Kesehatan (Health)
2. Prinsip Lingkungan (Ecosytem)
3. Prinsip Keadilan (Fair)
4. Prinsip Konservasi (Care)
Makanan lokal adalah sumber makanan yang segar dan bernutrisi karena diproduksi secara lokal dan dekat dengan konsumen sehingga mengurangi waktu tempuh dari kebun menuju konsumen, hanya mengurangi sedikit nutrisi dan bobot pada saat sampai ke tangan konsumen.
Warung Sehat 1000Kebun merupakan bisnis sosial (sociopreneur) yaitu suatu konsep bisnis yang berorientasi kepada pemecahan permasalahan, menggunakan metode bisnis untuk memecahkan permasalahan yang dihadapi oleh para petani organik lokal skala kecil, dan “green UMKM” lokal, menjunjung tinggi prinsip fair trade dan 4 prinsip organik.
When?
Warung Sehat 1000Kebun didirikan pada tanggal 25 Desember 2017. Maka akhir Maret 2018 ini baru berusia 3 bulan sejak pembentukannya.
Where ?
Warung Sehat 1000Kebun berlokasi di Jl. Boling No. 26 Kecamatan Arcamanik, Kelurahan Sukamiskin Bandung Jawa Barat
Why ?
Warung Sehat 1000Kebun dibentuk karena kita ingin membantu para petani lokal, UMKM lokal, dan konsumen untuk mencari solusi atas permasalahan yang mereka hadapi yaitu :
1. Petani
a. Harga jual yang tidak adil
b. Akses pasar yang terbatas
c. Rantai distribusi atau supply chain yang terlalu panjang
d. Proses produksi yang kurang sehat
e. Akses ilmu pengetahuan terbatas
f. Manajemen usaha yang terbatas
2. UMKM lokal
a. Akses pasar terbatas
b. Belum banyak yang memiliki standarisasi produk 
c. Kesadaran lingkungan masih rendah
d. Ketersediaan bahan baku sehat terbatas
e. Ketersediaan materi pendukung yang ramah lingkungan masih terbatas
f. Akses ilmu pengetahuan terbatas
g. Manajemen usaha terbatas
3. Konsumen
a. Akses pangan sehat terbatas
b. Akses pengetahuan tentang gaya hidup sehat terbatas (mengapa harus hidup sehat, bagaimana cara memulainya, dsb.)
With whom ?
Warung Sehat 1000Kebun didirikan oleh Tim Pengurus Komunitas 1000 Kebun, kolaborasi antara pemuda-pemudi Komunitas 1000 Kebun dan anggota senior di Komunitas 1000 Kebun serta  dibantu oleh sebuah NGO yang bernama PUPUK (Perkumpulan Untuk Peningkatan Usaha Kecil) suatu organisasi nirlaba yang berfokus pada pembinaan dan pengembangan UMKM serta penerapan teknologi hijau di UMKM.

How?
1. Membuka ruang jual -beli yang interaktif bagi para petani lokal, UMKM lokal, dan konsumen.
Warung bertindak sebagai wadah bagi produsen untuk bisa memasarkan produknya secara langsung tanpa perantara, ataupun didampingi oleh suatu lembaga atau individu yang menjunjung tinggi 4 prinsip organik, sehingga produsen bisa merasakan keuntungan penuh atas hasil karyanya baik secara langsung maupun tidak langsung.
2. Memposisikan warung sebagai knowledge center, community center, dan information center mengenai gaya hidup sehat bagi komunitas konsumen, komunitas  produsen, dan komunitas lokal yang ada di tempat warung tersebut. Kegiatannya melalui pengadaan acara-acara workshop, sharing, farmers market, dan urban farming. Melalui kegiatan-kegiatan ini para konsumen, produsen, dan komunitas lokal bisa mengembangkan produk dan pengetahuan mereka dengan mengikuti berbagai workshop, membangun jaringan antara produsen, konsumen, dan komunitas lokal dengan mengadakan kegiatan bersama, dan berbagi pengetahuan dengan para expertise yang ada di komunitas ataupun teman-teman komunitas yang memiliki visi dan misi yang sama. Intinya sebagai mana konsep warung sendiri sebagai sebuah bisnis sosial dimana tidak semata-mata keuntungan tetapi juga memberi dampak sosial (social impact) dan inilah yang akan menjadi indikator keberhasilan Warung Sehat 1000Kebun.
Jika berkunjung ke Warung Sehat 1000 Kebun(W1000K), pengunjung dapat membeli aneka produk olahan pangan yang sehat, juga produk segar seperti sayur organik ataupun buah bebas pestisida. W1000K juga terbuka untuk siapa saja yang  mau berdiskusi tentang berkebun dengan perlakuan organik dan hidup sehat.
 

W1000K juga mendukung pertanian dan pembangunan berkelanjutan.

W1000K sedang menuju toko yang ramah lingkungan dan zero waste. Pergerakannya dimulai saat merancang properti W1000K yang terbuat dari bahan-bahan bekas, seperti peti-peti kayu yang di permak ulang tanpa menebang pohon baru, tempat duduk terbuat dari tong bekas obat dsb.

Di sini W1000K menyediakan produk-produk dalam bentuk curah, sehingga para pengunjung dapat membawa wadah sendiri, ini juga sebagai wujud usaha kami untuk mengajak para konsumen untuk membawa kantong belanja sendiri dan wadah sendiri untuk menimilasir sampah plastik bersama.

Disini juga ada MSG (Meja Serba Guna), biasa digunakan untuk makan bersama, diskusi, mengerjakan tugas.  Ada banyak buku-buku pertanian (terbitan lama) yang boleh dibaca di MSG.
Warung Sehat 1000Kebun mengadakan beberapa acara rutin yaitu:
1. #NgobrolDiWarung, Warung sangat terbuka untuk siapa saja yang mau sharing ilmu dan pengalamannya di dunia berkebun organik & hidup sehat. Kegiatan #NgobrolDiWarung yang sudah kami adakan “Towards Conscious Living with @atiit” dan “Dibalik Bulir Sorghum Bersama @fxutoyo”. Kegiatan  #NgobrolDiWarung diadakan dengan topik yang berbeda di setiap minggunya.

2. #BerkaryaDiWarung, kegiatan ini berupa kelas workshop dengan jumlah peserta maksimal 10 orang. W1000K mengadakan tema yang berbeda-beda di setiap pertemuannya.

3. #MasakSehatDiWarung, banyak sekali produk sehat dan lokal  yang belum diketahui khalayak ramai, padahal disetiap resep makanan sehat terkandung khasiat dan nutrisi yang baik untuk tubuh. Kegiatan ini bertujuan untuk berbagi tentang bagaimana cara mengolah produk dan mengenali manfaat produk yang ada di W1000K dengan para mentor dan praktisi yang sudah memulai pola hidup sehat lebih dulu.

4. #Ngeruk (Ngebon Seru Yuk), kegiatan berkebun organik seru-seruan di Taman Boling setiap hari Minggu, jam 08.00-10.00. Kebanyakan pesertanya adalah ibu, bapak dan anak, anggota komunitas dan warga sekitar. Di hari minggu W1000K juga menyediakan berbagai macam menu sehat untuk sarapan, seperti nasi pincuk, bubur manado dan sebagainya.
Alamat: Jl. Boling no. 26, Arcamanik, Bandung  40293
Instagram: @warung1000kebun
Kontak: 0812-9558-9036

Avatar

Raden Galih Raditya

Related Posts

[Profil] Longevitology : Menyalurkan Cinta Kasih dengan Energi Semesta

[Profil] Longevitology : Menyalurkan Cinta Kasih dengan Energi Semesta

[Profil] YPBB – Inspirator Gaya Hidup Organis

[Profil] YPBB – Inspirator Gaya Hidup Organis

[Profil] Savic Ali: Gus Dur, Dunia Digital, dan Toleransi

[Profil] Savic Ali: Gus Dur, Dunia Digital, dan Toleransi

[Profil] Membuka Telinga untuk Mencari Kebenaran : Perjalanan Amy Tan Mengenal Dirinya Sendiri

[Profil] Membuka Telinga untuk Mencari Kebenaran : Perjalanan Amy Tan Mengenal Dirinya Sendiri

No Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

edisi

Terbaru

Rubrik

Recent Comments

STATISTIK

Online User: 0
Today’s Visitors: 6
Total Visitors: 1713

Visitors are unique visitors